Mencegah Penyakit Gula

Mencegah Penyakit GulaPenyakit gula atau diabetes harus tetap diwaspadai dan dikontrol, jika sudah terdiagnosis terserang diabetes atau penyakit gula, maka perlu melakukan suatu tindakan pencegahan agar diabetes atau penyakit gula tidak semakin memperburuk keadaan yang menyebabkan komplikasi pada penyakit lainnya yang berbahaya. Kita dapat melakukan tindakan pencegahan, antara lain tidak melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga karena otot menggunakan glukosa dalam darah untuk dijadikan energi.

Mencegah Penyakit Gula

Mencegah Penyakit Gula

Penyakit Gula

Apabila seseorang tanpa gejala klasik, tetapi gula darah sewaktunya (artinya tanpa persiapan apa-apa sebelumnya) sama atau lebih dari 200mg/dl, ini diduga ada diabetes, tetapi belum pasti. Untuk penyebab penyakit gula kepastiannya, pemeriksaan harus diulang dengan pemeriksaan TTGO.

Terkadang, apabila ada gejala klasik penyebab penyakit gula dengan gula darah sewaktunya ≥ 200mg/dl, ini sudah dapat dianggap menderita diabetes. Seseorang yang menderita diabetes, namun tidak pernah berolahraga, darah akan kelebihan gula lalu kelebihan gula akan selalu menumpuk di kedua belah kaki.

Kaki menjadi tempat konsentrasi gula karena gula memiliki masa jenis yang tinggi termasuk zat kapur. Oleh sebab itu, bila kaki seseorang yang mengidap penyakit gula, luka akan sulit sembuh karena tidak bisa tertutup oleh sel darah pembeku.

Penyebab penyakit gula akibat zat gula dan zat kapur selalu mendesak ke bawah yang membuat luka semakin parah dan kemungkinan besar tak bisa disembuhkan.

Penyebab penyakit gula adalah :

  • Rasa malas untuk bergerak karena tidak mau capai (lelah)
  • Penyebab penyakit gula karena Makan tidak terkontrol jumlah dan kadar gizinya
  • Terlalu sering minum manis
  • Kurangnya kesadaran bahwa olahraga adalah sangat penting.

Diet yang dipadu dengan olahraga merupakan cara efektif mengurangi berat badan, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi stress.

Cara Mencegah Penyakit Gula

Berikut ini tips Mencegah Penyakit Gula yang dapat dilakukan dengan Tips Pola Hidup dan Pola Makan Yang Sehat, diantaranya :

  1. Mencegah Penyakit Gula dengan membiasakan diri berolahraga secara teratur. Berjalan kaki, bersepeda dan berenang merupakan jenis olahraga yang juga dapat secara efektif mengontrol diabetes.
  2. Tidur cukup dan berkualitas, antara 7-8 jam sehari.
  3. Hindari menonton televisi atau main komputer terlalu lama.
  4. Mencegah Penyakit Gula Jangan mengkonsumsi permen, coklat atau snack dengan kandungan garam yang tinggi.
  5. Hindari makanan siap saji dengan kandungan kadar karbohidrat dan lemak tinggi.
  6. Konsumsi sayuran dan buah-buahan
  7. Hindari makanan olahan atau kalengan yang banyak mengandung bahan pengawet
  8. Hindari makan-makanan dengan bahan pengawet, bahan pewarna tambahan dan mengandung MSG.
  9. Mencegah Penyakit Gula Hindari obesitas

Hal hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyebab penyakit gula adalah :

  1. Menurunkan berat badan
    untuk penderita penyakit diabetes, maka sebaiknya turunkan berat badan Anda hingga mencapai batas ideal. Hal ini disebabkan karena obesitas merupakan salah satu pemicu dari terjadinya penyakit gula darah. pankreas biasanya mempunyai tugas untuk menghasilkan insulin yang dihasilkan dengan manfaat untuk mengolah glukosa agar bisa diubah menjadi sumber energi. Karena pada pankreas untuk mereka yang menderita penyakit diabetes mereka mengalami suatu kegagalan dalam mengolah gula untuk diubah menjadi energi, dan hal ini kemudian menyebabkan terjadinya resisten insulin. Tubuh kemudian akan mencari darimana sumber energi alternatif dengan cara membakar cadangan lemak yang ada di dalam tubuh. dan jika cadangan lemak ini habis, maka sasaran yang selanjutnya adalah otot. Akibat dari berat badan tubuh yang lama kelamaan semakin menyusut.
  2. Melakukan gerakan atau aktivitas fisik
    Aktivitas fisik akan membantu dalam menurunkan gula darah dan juga bisa membantu meningkatkan tingkat sensitivitas pada insulin. Salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa latihan aerobik atau juga latihan aktivitas fisik atau yang lain sebagainya akan membantu dalam mengendalikan masalah penyakit diabetes. Untuk melakukan latihan aerobik yang ringan, misalnya adalah melakukan senam dan juga tenis yang dilakukan setengah jam dalam setiap kali latihan dan dilakukan 5 kali dalam seminggu. Hal ini juga semakin diperkuat dengan adanya salah satu penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 16 tahun yang meneukan bahwa jalan kaki setiap harinya akan membantu mengurangi terjadinya resiko dari penyakit diabetes tipe 2 sebanyak 30%.
  3. Mengonsumsi gandum dan juga biji-bijian
    Kontrollah asupan karbohidrat dan mulailah mengalihkannya menadi gandum. Roti gandum, sereal dan juga makanan sejenisnya yang lain merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu dalam mencegah penyakit diabetes karena bisa membantu dalam melambatkan penyerapan dari karbohidrat di dalam tubuh. penelitian lainnya yang dilakukan juga menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi paling tidak 2-3 porsi biji-bijian dalam sehari, maka kemungkinan kecil dalam mengalami penyakit diabetes tipe 2 bisa mencapai 30% dibandingkan oleh mereka yang tidak mengonsumsi biji-bijian.
  4. Mencoba cuka apel
    Anda bisa mengatasi masalah penyakit gula dengan mengoumsi 2 sendok makan cuka apel dalam sehari. Hal ini bisa membantu menurunkan lonjakan dari gukla darah yang semakin naik. Hal ini ditunjukkan berdasarkan dari serangkaian penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menemukan bahwa cuka apel bisa membantu dalam menurunkan gula darah dan Anda bsia menambahkan cuka apel ke dalam makanan Anda.

Mencegah Penyakit Gula


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Penyakit Gula and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>